Sunday, August 17, 2014

Telkom University, Majukan Bangsa dengan ICT

Postingan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog SMB Telkom University.
______________________

Wah tidak terasa sudah masuk tahun ketiga di SMA. Saat hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru ini, suasananya agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya saat aku masih duduk di kelas 10 ataupun kelas 11. Karena di kelas 12 ini aku harus mulai fokus dan serius belajar. Tujuannya bukan hanya untuk lulus UN, tapi juga agar dapat masuk perguruan tinggi terbaik. Nah, bicara mengenai perguruan tinggi, aku masih bingung harus memilih perguruan tinggi mana. Padahal guruku sudah bilang bahwa seharusnya sekarang ini aku sudah mantap memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikanku. Oh iya, sejak aku naik kelas 12, ada satu pertanyaan yang selalu aku dapat dari orang-orang. Yup, pertanyaannya adalah..

“Ingin masuk perguruan tinggi mana, Lin?”

Huf, pertanyaan ini memang sulit untuk aku jawab. Sebenarnya aku memiliki alasan mengapa sampai sekarang aku masih bingung dalam menentukan perguruan tinggi. Ini semua karena aku tidak ingin salah pilih, aku ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang tepat. Tapi rasa bingung ini membuat aku penasaran, sehingga aku rajin mencari informasi seputar perguruan tinggi. Ternyata rasa penasaraan ini memberiku banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah aku jadi tahu bahwa sekarang ini Indonesia membutuhkan perguruan tinggi yang mendukung lulusannya untuk dapat bersaing ditingkat nasional bahkan internasional!
Nah, untuk mewujudkan semua itu, perguruan tinggi di Indonesia harus mulai melakukan pengembangan pendidikan dan penelitian yang berbasis informasi dan komunikasi teknologi. Tujuannya adalah untuk menjadi sarana pendukung pengembangan ilmu teknologi, seni, dan budaya secara nasional dan global. Informasi dan komunikasi teknologi yang digunakan untuk pendidikan disebut ICT dalam pendidikan.

“ICT itu apa, Lin?”


ICT adalah singkatan dari Information and Communication Technology. Mungkin kalian lebih sering mendengarnya dengan sebutan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Dalam dunia pendidikan, ICT dapat membantu dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Menurut survei, penggunaan ICT ini dapat meningkatkan prestasi belajar secara signifikan terutama dalam hal pengetahuan dan pemahaman, praktik dan presentasi. Terdapat beberapa peranan ICT lainnya dalam dunia pendidikan, diantaranya:

1.       ICT sebagai sumber bahan belajar
Peranan ICT sebagai sumber bahan belajar, dapat membuat ilmu pengetahuan berkembang dengan cepat, buku dan bahan belajar pun dapat terus up-to-date.

2.       ICT sebagai sarana pembelajaran
Peranan ICT sebagai sarana pembelajaran memungkinkan bahan ajar dapat disediakan dalam format digital sehingga pelajar bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Pelajar juga bisa lebih mengeksplorasikan pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri.

3.       ICT sebagai pendukung keputusan
Peranan ICT sebagai pendukung keputusan dalam bidang pendidikan, dapat membantu pelajar mengetahui informasi mengenai institusi pendidikan. Sehingga dapat membantu pelajar dalam menentukan tujuan ketika ingin melanjutkan pendidikannya.

Namun, untuk dapat memperoleh hasil positif dari pemanfaatan ICT di bidang pendidikan, ada hal yang harus diperhatikan. Karena pemanfaatan ICT ini bisa saja berdampak kurang baik apabila digunakan dengan cara yang tidak tepat. Salah satu saran pemanfaatan ICT di bidang pendidikan adalah dengan menggunakan ICT secara proporsional. Maksudnya, meskipun ICT bisa masuk ke semua lapisan masyarakat, namun harus sesuai dengan porsinya masing-masing.

“Di Indonesia sendiri, pemanfaatan ICT dalam pembelajaran sudah sejauh mana, Lin?”

Indonesia sudah mulai memanfaatkan ICT untuk mendukung proses belajar dan mengajar karena masyarakat sadar bahwa dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi dapat membantu proses pembelajaran masyarakat. Dulu, Indonesia memiliki siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan, namun diganti dengan pemanfaatan video conference setelah ada komputer dan internet. Video conference ini memungkinkan interaksi antara pengajar dan murid. Setelah itu, muncul lah beberapa contoh pemanfaatan ICT lainnya seperti e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya. Ini semua dapat menjadi solusi pembelajaran yang terkendala waktu dan tempat. Diharapkan, dengan pemanfaatan ICT secara optimal dapat menjadikan Indonesia sebagai negara maju yang dapat bersaing dengan negara lainnya. Oh iya, ICT juga memiliki beberapa kelebihan yang juga dapat dimanfaatkan oleh para pengajar loh! Kelebihan ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk keperluan pembelajaran di Indonesia.


“Wah ternyata ICT itu keren banget ya Lin kalau kita bisa memanfaatkannya secara optimal. Lalu hubungannya dengan perguruan tinggi apa?”

Nah, dengan mengetahui bahwa ICT sangat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, membuat aku lebih mudah dalam menentukan perguruan tinggi mana yang akan aku tuju. Aku ingin masuk perguruan tinggi yang memanfaatkan ICT dalam pembelajarannya. Perguruan tinggi yang dapat bersaing secara nasional dan internasional. Ternyata setelah aku mencari informasi di internet dan bertanya kepada beberapa rekan, aku akhirnya menemukan perguruan tinggi yang tepat. Pasti kalian sudah tahu kan? Ya, perguruan tinggi itu adalah Telkom University!

Suasana Telkom University

Aku memilih Telkom University karena Universitas ini selalu mempersiapkan mahasiswanya untuk memiliki pengetahuan yang memadai sebagai modal dalam persaingan global. Selain itu, dengan kapasitas, pengalaman, dan jejaring yang sangat dekat dengan industri, maka Telkom University sangat memadai untuk menjadi universitas kelas dunia yang dapat bersanding dengan universitas lainnya. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Oh iya, Telkom University juga berhasil meraih banyak prestasi loh! Salah satu prestasi yang berhasil diraih dalam bidang ICT adalah Telkom University berhasil menjadi juara 1 ICT Award 2012 kategori animasi.
Semua itu membuat aku semakin yakin bahwa Telkom University merupakan tujuan perguruan tinggi yang tepat. Oleh karena itu aku harus serius belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi SMB Telkom University tahun depan.


Oleh karena itu, mohon doanya ya semoga usahaku di kelas 12 ini dapat memberikan hasil yang maksimal dan sesuai harapan. Oh iya, jangan lupa juga untuk selalu berpartisipasi dalam pengembangan ICT di bidang pendidikan, terutama di Indonesia ya :D

Indonesia dengan ICT? Indonesia maju!


______________________

Sumber data dan foto:
Dokumen pribadi
id.wikipedia.org
www.telkomuniversity.ac.id
www.telkom.co.id

2 comments:

  1. Wih keren ya Telkom University, sayang aku udah masuk yang lain. Btw ada S2 nya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kaaa, langsung cek aja di telkomuniversity.ac.id untuk info lengkapnya :D

      Delete